Senin, 27 Agustus 2012

Kisah Romantis di balik manisnya moon cake

moon cake, romantic story, legend of moon cake, chinese love story, Mid-Autumn Festival,Moon Festival or Mooncake Festival or Zhongqiu Festival, is a popular lunar harvest festival


Festival Moon Cake yang akan jatuh pada 22 September 2010, kue bulan atau kue Tiong Ciu Phia biasanya dengan mudah kita temui di mana-mana.

Kue berbentuk bulat berwarna agak kecokelatan yang rasanya manis dan muncul setahun sekali itu ternyata menyimpan legenda cinta.


Alkisah hidup seorang pemanah sakti bernama Hou Yi. Pada masa itu bumi dikitari oleh 10 matahari yang bergantian menyinari dan menghangati bumi.

Namun suatu hari kesepuluh matahari itu muncul secara bersamaan, sehingga panas yang dirasakan di bumi sudah tak tertahankan.

Kaisar lalu memerintahkan Hou Yi untuk memanah ke-9 matahari. Singkat cerita Hou Yi berhasil melaksanakan tugasnya dan diganjar hadiah berupa cairan keabadian. Sesampai di rumah, Hou Yi menceritakan keberhasilannya kepada istrinya, Chang-E.

Chang-E rupanya juga berminat pada cairan tersebut dan meminumnya sampai habis. Akibatnya ia menjadi ringan dan tertiup angin, Hou Yi berusaha menarik istrinya namun tidak berhasil, tubuh Chang-E terus terbawa naik sampai ke bulan. Sejak itu ia menjadi Dewi Bulan.

Hou Yi lalu menjadi sedih dan kesepian sepeninggal istrinya. Keduanya baru bisa bertemu setiap hari ke-15 bulan ke-8 penanggalan China, saat itu bulan bulat penuh dan bersinar sangat terang.

Tradisi perayaan Moon Cake [Kue Bulan] merupakan tradisi untuk merayakan pertemuan dua sejoli tersebut. Cerita tersebut merupakan salah satu versi dari sekian banyak versi cerita lain.

Biasanya masyarakat etnis China merayakan mooncake festival bersama keluarga. Mereka menikmati kue bulan sambil ditemani Chinese Tea yang rasanya pahit. Bahkan di Singapura banyak yang merayakannya di taman sambil membaca puisi-puisi romantis.


Sebenarnya ada dua macam kue bulan, yang berwarna putih dan berwarna cokelat. Yang berwarna putih berasal dari suku Hokkian di China, sedangkan yang coklat adalah kue bulan dari suku Canton.


Pada awalnya isi kue bulan adalah daging, sayuran atau kacang-kacangan. Kacang-kacangan ini bisa hadir sendirian atau dikombinasikan dengan bahan lain. Misalnya, kacang hitam dengan kismis, kacang hijau dengan kacang mente, atau kacang hitam dengan telur asin.

Khusus untuk yang isinya "telur asin"... "Menurut tradisi, mereka yang mendapat egg yolk [kuning telur] paling besar hokinya tahun ini juga akan besar"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar